Menu


Legendaris! Ini 10 Masakan Khas Jawa Timur yang Selalu Dicari-Cari

Legendaris! Ini 10 Masakan Khas Jawa Timur yang Selalu Dicari-Cari

Kredit Foto: Hesti's Kitchen

Konten Jatim, Jakarta -

Tiap kali mengunjungi suatu daerah, tentu timbul perasaan ingin mengeksplor berbagai aspek yang terkandung di dalamnya, mulai dari destinasi wisata, spot-spot unik, penginapan beken, sampai wisata kuliner.

Tentunya, hal ini juga berlaku di Jawa Timur, yang kaya akan masakan khas daerah dan kental akan tradisi. Salah satu makanan khas Jawa Timur yang kini dicari-cari di berbagai pelosok negeri adalah bakso malang dan soto lamongan.

Apa yang lainnya?

Berikut adalah deretan 10 masakan khas jawa yang wuenak dan legendaris, seperti dikutip dari Gramedia:

Baca Juga: 10 Saksi Bisu Sejarah di Surabaya, Yakin Sudah Kunjungi Semua, Rek?

1. Soto Lamongan

Makanan yang satu ini penjualnya sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Rasanya yang gurih dan nyaman jika masih hangat dan di tengah udara dingin membuatnya diincar penikmat kuliner yang kedinginan seusai bekerja atau bahkan sekolah. Koya udang menjadi ciri khas makanan yang satu ini, membuatnya makin lezat.

2. Rawon

Mungkin, tak semua orang menyukai rawon, sup daging yang tampak berbeda dengan kuah hitam pekatnya. Namun, masakan khas Jatim ini akan dicari-cari orang jika mereka menyukainya. Kluwek-lah yang membuat kuah rawon jadi hitam dan ini ciri khasnya. Jika Anda mencobanya sekali, jangan kaget bila ketagihan!

3. Bakso Malang

Saat bermain atau melewati suatu pemukiman, Anda pasti tak kaget jika menemui penjual bakso malang keliling. Pasalnya, penjual masakan yang satu ini memang sudah ada di mana-mana. Bikin ketagihan, bakso malang dengan teksturnya yang lebih lembut dan isiannya yang beragam seringkali jadi pilihan untuk makan siang dan malam.

4. Rujak Cianjur

Baca Juga: Pengin Jualan? Ini Resep Bakso Malang Mudah dan Nikmat Buat Dijual Pemula

Makanan rujak cianjur ialah khas Kota Surabaya. Rujak yang satu ini bisa bikin ketagihan karena berisi berbagai macam sayuran dan buah, seperti krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan lainnya. Mereka dicampurkan dengan tahu, tempe, lontong, sampai cingur alias hidung sapi. Penjual rujak cingur juga umumnya mengolah bumbu kacang dan petis.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman