Menu


Profil Yusril Ihza Mahendra, Ketua PBB Yang Didukung Jokowi Jadi Presiden

Profil Yusril Ihza Mahendra, Ketua PBB Yang Didukung Jokowi Jadi Presiden

Kredit Foto: Instagram/Yusril Ihza Mahendra

Konten Jatim, Depok -

Yusril Ihza Mahendra merupakan politikus yang sudah menjadi wajah lama dalam pemerintahan sekaligus dunia politik di Indonesia. Saat artikel ini dipublikasikan (12/1/2023), Yusril Ihza Mahendra menjabat sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB).

Mengutip situs pribadi Yusril Ihza Mahendra dan sumber relevan lain, pria yang lahir pada 5 Februari 1956 ini merupakan salah satu dari pendiri PBB pada tahun 1998 silam. Tidak lama, dirinya didapuk menjadi Ketua Umum PBB pertama dalam sejarah.

Baca Juga: Bagaimana Sepak Terjang Partai Bulan Bintang dalam Pemilu?

Tidak perlu waktu lama bagi Yusril Ihza Mahendra untuk masuk ke tatanan pemerintahan Indonesia. Oktober 1999, Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur melantik dirinya untuk menjadi Menteri Hukum dan Perundang-undangan.

Masa jabatannya berakhir pada Februari 2001. Dan pada Agustus 2001, kali ini giliran Megawati Soekarnoputri yang mengangkatnya sebagai menteri. Kali ini, Yusril Ihza Mahendra diminta menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Baca Juga: Profil Partai Bulan Bintang, Parpol Yang Siap Beri Kejutan di Pemilu?

Kali ini, jabatan Yusril Ihza Mahendra berakhir pada Oktober 2004. Tetapi, kiprah pria asli Belitung Timur dalam kementerian belum berakhir. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadikannya sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), sampai akhirnya digantikan oleh Hatta Rajasa pada Mei 2007.

Khazanah Islam: Bagaimana Cara Hindari Pengaruh Hedonisme? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman