Menu


Mengenal Rujak Soto, 'Jembatan' Rujak dan Soto dengan Rasa Unik Ala Banyuwangi

Mengenal Rujak Soto, 'Jembatan' Rujak dan Soto dengan Rasa Unik Ala Banyuwangi

Kredit Foto: Kompasiana/Asita Suryanto

Konten Jatim, Jakarta -

Tahukah Anda tentang rujak soto? Biasanya, kita familier dengan makanan rujak, atau soto. Salah satunya saja. Namun, ada pula makanan bernama rujak soto yang seperti namanya, merupakan “jembatan” antara rujak dan soto!

Rujak soto merupakan makanan khas daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini adalah paduan yang unik antara rujak sayur dan soto. Untuk sotonya pun, bisa soto daging sapi atau soto babat.

Uniknya, ada pula yang memadukan rujak sayur dengan soto ayam hingga soto ceker. Hal ini bahkan terbilang biasa dilakukan sebagai alternatif jika ingin menikmati rujak soto kala harga daging sapi tengah melambung.

Baca Juga: Legendaris! Ini 9 Masakan Khas Jawa Timur yang Selalu Dicari-Cari

Rujak soto yang telah hadir secara turun temurun ini rasanya tak perlu diragukan lagi, meskipun cara membuatnya tak begitu sulit. Biasanya, masyarakat Banyuwangi selalu menyiapkan menu yang satu ini saat berkumpul bersama keluarga.

Cara menyajikan rujak soto, biasanya terlebih dahulu disajikan rujak. Kemudian, rujak tersebut disiram dengan kuah soto bersama dagingnya. Rasanya begitu khas, akan ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma petisnya.

Sudah bisa ditebak, rujak soto pastilah mempunyai cita rasa yang unik dengan perpaduan pedas, asin, dan gurihnya. Menurut The Asian Parent, terdapat salah satu tempat makan rujak soto yang legendaris, yakni Rujak Soto Bu Is di kampung wisata Temenggungan.

Baca Juga: Bingung Kulineran di Surabaya? Ke 5 Tempat Ini Saja!

Warung tersebut kini telah dikelola oleh generasi ketiga dan masih tetap menjadi favorit masyarakat setempat maupun luar Banyuwangi.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya