Menu


Bikin Goyang Lidah, Yuk Bedah Rasa Rujak Soto yang Seunik Namanya!

Bikin Goyang Lidah, Yuk Bedah Rasa Rujak Soto yang Seunik Namanya!

Kredit Foto: Wikipedia

Konten Jatim, Jakarta -

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang tak pernah tak terasa unik bahkan karena namanya. Pasalnya, sajian yang satu ini menyatukan rujak sayur yang biasanya hanya dibumbui bumbu kacang, dan soto yang berisi daging: sapi, ayam, atau ceker.

Bagaimana jika keduanya disatukan dalam rujak soto? Tentunya rasanya begitu unik dan menghadirkan cita rasa rujak yang gurih sekaligus soto yang asin dan menyegarkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Rawon Lezat Jatim, Hidangan Khusus Acara Adat yang Sekarang Umum

Rujak soto ialah perpaduan kuah bumbu soto dan berbagai isi rujak yang khas dengan petis dan pisang batu. Kaldu rujak soto sejatinya didapatkan dari hasil rebusan daging berbumbu soto, isinya terdiri atas potongan daging sapi, babat, sampai cingur. Adapun bumbu kacang petisnya dibuat secara dadakan dengan diulek. 

Rujak soto lengkap dengan potongan daging sampai jeroan seperti babat dan usus, plus bumbu rujak yang berisi kacang dan petisnya begitu nikmat. Tingkat kepedasannya pun bebas ditentukan pencinta kuliner.

Isian lengkapnya yang berupa sayuran rebus, potongan tahu dan tempe goreng, babat, usus rebus, ketimun, daging, sampai lontong dan kerupuk juga menambah rasa nikmat yang tersaji. Terakhir, guyuran kuah soto yang melengkapi dan taburan seledri serta bawang goreng menciptakan kesempurnaan hidangan rujak soto.

Biasanya, harga satu porsi rujak soto adalah Rp20 ribu per porsinya.

Baca Juga: Kulineran Nyari Soto Lamongan Terenak, Ini Rekomendasi 2 Tempatnya!

Sudah terbayangkan, betapa rasa unik dari rujak soto khas Banyuwangi siap menggoyang lidah?

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya