Menu


Google Doodle Hari Ini: Mengenang Enedina Alves Marques, Insyinyur Wanita Pertama di Brazil

Google Doodle Hari Ini: Mengenang Enedina Alves Marques, Insyinyur Wanita Pertama di Brazil

Kredit Foto: Google Doodle

Konten Jatim, Depok -

Google Doodle hari ini, Jumat (13/1/2023) menceritakan kisah Enedina Alves Marques, perempuan pertama dari tanah kelahirannya di Negara Bagian Paraná, Brazil, yang menjadi insinyur.

Enedina Alves Marques lahir di Curitiba, Paraná, Brazil pada 13 Januari 1913. Dirinya bekerja sebagai pekerja rumah tangga dan pengasuh untuk menyekolahkan dirinya ke sekolah menengah dan menjadi guru setelah lulus dari sekolah tersebut. 

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Pilpres Republik Ceko Putaran Pertama

Tetapi, cita-cita Enedina Alves Marques yang sesungguhnya adalah bisa belajar di Universitas. Dirinya mengikuti tes masuk dan mendaftar di Jurusan Teknik Sipil di Universitas Federal Paraná pada tahun 1940. 

Perlu diketahui bahwa masa Enedina Alves Marques masuk ke universitas adalah 50 tahun setelah penghapusan perbudakan dan 9 tahun sejak wanita memperoleh hak untuk memilih dalam pemilihan umum (Pemilu). Standar pria dan wanita di masa itu amatlah jomplang.

Baca Juga: Apa Perbedaan Yandex Dan Google? Ternyata di Sini Letaknya

Ini membuat Enedina Alves Marques sempat dimusuhi dan diabaikan oleh beberapa guru dan teman sebayanya. Meskipun menghadapi diskriminasi saat mengejar gelar yang didominasi pria kulit putih, dirinya bertahan dan menjadi satu-satunya wanita bersama 32 siswa pria yang lulus pada tahun 1945.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman