Menu


Tahu Campur Ala Lamongan Bikin Ngiler, Malah Lebih Banyak di Surabaya

Tahu Campur Ala Lamongan Bikin Ngiler, Malah Lebih Banyak di Surabaya

Kredit Foto: Indonesia Kaya

Konten Jatim, Jakarta -

Salah satu makanan yang paling banyak diburu para pencinta kuliner saat berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya ialah tahu campur. Makanan khas yang menurut Wikipedia punya nama keren mixed tofu ini punya rasa yang enak dan sedikit cita khas bumbu petis di dalamnya.

Secara umum, tahu campur terdiri atas sop daging sapi kenyal, kikil sapi, tahu goreng, taoge segar, selada air segar, dan mi kuning. Terbayang bukan, betapa komplit dan nikmatnya sajian yang satu ini?

Baca Juga: 

Semua bahan-bahan tersebut dipotong dan disiram kuah yang terbuat dari beraneka bumbu yang telah dicampur dengan petis, yakni bumbu masakan khas Surabaya.

Saat memakannya, disarankan untuk menambahkan sambal dan kerupuk udang untuk menambah rasa sedap tahu campur kala disajikan. Namun, kerupuk udang juga bisa digantikan dengan jenis kerupuk lain.

Lebih unik lagi, tahu campur juga sering menggunakan perkedel singkong yang terbuat dari singkong terparut dan dicampur kuah yang terbuat dari beraneka bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun jeruk, jinten, laos, sampai garam yang dihaluskan.

Meski berasal dari Lamongan, tahu campur yang satu ini justru lebih banyak ditemukan di Surabaya daripada di kota asalnya itu. Salah satunya, kita bisa menemukan banyak penjual tahu campur di sudut kota seperti Jalan Kalasan dan Jalan Pacar Keling, Surabaya, menurut Indonesia Kaya.

Baca Juga: 

Soal harga, tak perlu khawatir karena hidangan yang satu ini biasanya dijual tak menguras kantong. Kisarannya, yakni Rp10 ribu sampai Rp20 ribuan saja per porsi.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung