Menu


Bedah Si Pecel, Tahukah Begini Manfaatnya untuk Kesehatan?

Bedah Si Pecel, Tahukah Begini Manfaatnya untuk Kesehatan?

Kredit Foto: Instagram/hannadietdiary

Konten Jatim, Jakarta -

Siapa di antara kita yang belum pernah makan pecel? Rasanya, hampir tak mungkin mengingat pecel sebagai makanan khas yang penjualnya banyak ditemui dan digemari masyarakat luas. Biasanya, kita menemui tukang pecel yang membawa bakulnya berisi sayuran.

Pecel sendiri ialah makanan khas pulau Jawa, terutama di Jawa Timur. Makanan yang satu ini umumnya diolah dari berbagai macam sayuran dan disiram dengan bumbu kacang sebagai bagian utamanya.

Baca Juga: Bikin Goyang Lidah, Yuk Bedah Rasa Rujak Soto yang Seunik Namanya!

Di Madiun atau Kediri, sudah tak asing sama sekali jika kita melihat tukang pecel di mana-mana. Selain itu, pecel juga bisa ditemukan di daerah lain Jawa, bahkan sampai ke ujung barat pulau.

Kebanyakan, makanan pecel yang masih khas dapat ditemukan di pasar tradisional. Di Madiun atau Surabaya, biasanya pecel ditambahkan pelengkap seperti krecek, ayam, tempe atau tahu, dan akan semakin nikmat jika ditambah peyek.

Pecel sudah sangat mendunia, bahkan ada beberapa jenis seiring perkembangannya. Misalnya, seperti pecel madiun, pecel ponorogo, pecel punten dari Tulungagung, pecel kecombrang, pecel ndeso, pecel kenci, sampai pecel kembang turi. Wah, banyak sekali.

Baca Juga: Mengenal Rujak Soto, 'Jembatan' Rujak dan Soto dengan Rasa Unik Ala Banyuwangi

Menariknya lagi, itu semua hanya sebagian dari berbagai jenis pecel karena masing-masing daerah hampir punya ciri khas pecelnya sendiri.

Khazanah Islam: Bagaimana Mengetahui Suatu Ajaran Sifatnya Sesat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman