Menu


Pesona Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Tertinggi Jawa yang Sangat Magistik

Pesona Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Tertinggi Jawa yang Sangat Magistik

Kredit Foto: Instagram/13hippoherd

Konten Jatim, Jakarta -

Gunung Bromo memang kaya akan berbagai destinasi yang keindahannya paripurna. Termasuk air terjun Madakaripura yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya lereng Gunung Bromo.

Air terjun Madakaripura ialah air terjun yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tingginya yang mencapai 200 meter membuat air terjun ini menjadi yang tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Baca Juga: 300 Tahun Kebo-Keboan di Banyuwangi, Ini Nilai-Nilainya

Ia berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya, selayaknya tengah hujan. Bahkan, tuga di antaranya mengucur deras hingga menciptakan air terjun lagi.

Air terjun ini juga punya pesona magis yang sangat kuat dan bisa membuat orang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Sejarah dan Mitosnya

Nama Madakaripura sendiri berasal dari tiga nama yang diambil dari nama gajah. Kari bermakna peninggalan, pura bermakna sembahyang atau semedi. Ini berarti, nama Madakaripura bermakna gajah yang tengah meninggal saat sembahyang, menurut Native Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Menikmati Jalan-Jalan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Di sisi lain, nama ini juga berasal dari tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada, Madakaripura. Uniknya, air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya, sehingga disebut pula sebagai Air Terjun Abadi.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman