Menu


Kenalan dengan Lontong Kupang, Bahan Utama Kupang tetapi Bukan dari Kupang

Kenalan dengan Lontong Kupang, Bahan Utama Kupang tetapi Bukan dari Kupang

Kredit Foto: Instagram/Fammy Wijaya

Konten Jatim, Jakarta -

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali mendengar nama lontong kupang? Bisa jadi, kita berpikir bahwa lontong ini berasal dari Kupang atau terbuat dari kerang kupang.

Satu dari keduanya benar. Lontong kupang tak berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kuliner yang satu ini khas daerah Sidoarjo. Lontong kupang cukup terkenal, terutama di daerah pesisir yang salah satunya terkenal ialah Kupang Kraton.

Baca Juga: Gethuk Pisang Khas Kediri, Manis Legit dan Mudah Dibuat

Menurut berbagai sumber, nama Kraton diambil dari suatu nama daerah atau kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama, penduduk daerah itu mencari dan berdagang kerang kupang, baik untuk dijual mentah ataupun berupa kuliner.

Selain itu, lontong yang satu ini juga bisa ditemui di kota-kota lain di Jawa Timur.

Menurut Dukut Imam Widodo dan Henri Nurcahyo dalam "Sidoardjo Tempo Doeloe", lontong kupang benar-benar asli Sidoarjo. ”Orang Malang atau Gresik, rasanya sulit untuk bisa membuat makanan ini. 

Baca Juga: Apa Itu Tahu Tek? Salah Satu Makanan Khas Jatim yang Dinamai karena Penjualnya

Kalau tokh di kedua kota itu ada yang jualan kupang lontong, pasti yang njualan Wong Sidoarjo! Jadi rupanya memang sudah ditakdirkan bahwa hanya Wong Sidoardjo saja yang bisa bikin kupang lontong yang uenak tenan,” tertulis di sana.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman