Menu


Sejarah Hari Ini: Lahirnya Tonny Koeswoyo, Musisi Legendaris Pentolan Koes Plus

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Tonny Koeswoyo, Musisi Legendaris Pentolan Koes Plus

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Tanggal 19 Januari merupakan tanggal kelahiran salah satu musisi legendaris yang pernah mengguncang Tanah Air. Musisi ini adalah Tonny Koeswoyo, pentolan band Koes Plus yang amat populer di medio awal 1970-an sampai pertengahan 1980-an.

Menghimpun informasi dari beberapa sumber relevan pada Kamis (19/1/2023), Tonny Koeswoyo lahir dengan nama asli Koestono bin Koeswoyo, yang lahir di Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada 19 Januari 1936 di era kolonialisasi Belanda.

Baca Juga: Hukum Bunuh Diri dalam Agama Islam Menurut Buya Syakur Yasin

Tonny Koeswoyo merupakan anak ke-4 dari 9 bersaudara. Koestono kecil kerap menyebut dirinya “Tonny” agar terlihat lebih maskulin dan gagah. Terlebih, Tonny Koeswoyo dikenal memiliki perawakan tampan dan gagah, melebihi saudara-saudaranya.

Diketahui bakat alami Tonny Koeswoyo turun dari ayahnya, Raden Koeswoyo. Semasa berkarier, Tonny Koeswoyo bisa memainkan 3 alat musik berbeda, yakni keyboard, piano dan gitar.

Baca Juga: Jenis-Jenis Zakat Yang Harus Dibayarkan Umat Muslim. Apa Saja?

Tahun 1958, Tonny Koeswoyo mengajak kakak dan adik-adiknya, Koesdjono alias John Koeswoyo, Koesnomo alias Nomo Koeswoyo, Koesyono alias Yon Koeswoyo dan Koesroyo alias Yok Koeswoyo, untuk membuat band bersama-sama.

Khazanah Islam: Bagaimana Mengetahui Suatu Ajaran Sifatnya Sesat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman