Menu


Sejarah Hari Ini: Kelahiran Jenderal Sudirman, Tokoh Penting dalam Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Hari Ini: Kelahiran Jenderal Sudirman, Tokoh Penting dalam Kemerdekaan Indonesia

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Tanggal 24 Januari merupakan hari lahir dari salah satu tokoh penting bagi Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Tokoh yang dimaksud di sini adalah Jenderal Besar Sudirman.

Melansir laman resmi Kepustakaan Nasional dan sumber relevan lain pada Selasa (24/1/2023), Jenderal Sudirman lahir dengan nama asli Raden Sudirman. Dirinya lahir di Magelang pada 24 Januari 1916 di Purbalingga, Jawa Tengah.

Baca Juga: Azab Pelaku Pelecehan Seksual Menurut Pandangan Ustadz Maulana

Sudirman kecil sudah menunjukkan sifat yang kelak membuatnya dihormati oleh berbagai kalangan. Dirinya merupakan anak yang punya sifat nasionalis, disiplin dan giat ketika melakukan pekerjaannya, baik itu pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah atau dalam organisasi.

Sebelum masuk ke dunia militer, Sudirman mulanya bekerja sebagai guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah Pembela Tanah Air (PETA) didirikan, Sudirman memutuskan terjun ke militer untuk membela negaranya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Gharar Yang Perlu Dihindari oleh Umat Muslim

Ada kisah di mana Sudirman sempat memprotes tindakan tentara Jepang yang bersikap semena-mena terhadap orang Indonesia. Sudirman juga konon pernah hampir dibunuh oleh Jepang karena sikap “pembangkang”nya.

Setelah lulus dari akademi PETA, Sudirman diangkat menjadi Komandan Batalyon di Kroya, Jawa Barat. Dan pasca kemerdekaan Indonesia, tepatnya Oktober 1945, Sudirman didapuk menjadi Panglima Divisi V di Banyumas, Jawa Tengah ketika awal berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Baca Juga: Apa Itu Gharar? Jual Beli Ilegal dalam Agama Islam

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman