Setelah Foto Berpakaian Pastor, Viral Video yang Sebut UAS Masuk Gereja, Ternyata Faktanya Seperti Ini

Setelah Foto Berpakaian Pastor, Viral Video yang Sebut UAS Masuk Gereja, Ternyata Faktanya Seperti Ini Kredit Foto: Instagram/ustadzabdulsomad_official

Ustadz Abdul Somad (UAS) kembali mengalami serangan siber.

Beberapa waktu lalu, beredar sebuah foto UAS tengah berpakaian pastor. Selanjutnya, ada juga video ceramah UAS soal hukum mencuri air PDAM untuk wudhu yang sudah dipotong-potong.

Kali ini, ada video yang menyebut UAS masuk ke gereja. Video tersebut juga tersebar lewat TikTok. Akun pengunggahnya @raj*****sa.

Video menampilkan caption: MASIH SUCI, SERING MASUK GEREJA. TEMAN-TEMAN APA ADA YANG KENAL PEMUDA INI?

Video memperlihatkan potret UAS semasa muda. Terlihat UAS sedang duduk di bangku kayu panjang yang mirip bangku di gereja.

Lewat akun Instagramnya, UAS menyampaikan klarifikasi perihal video tersebut.

Baca Juga: UAS Meradang, Video Ceramahnya soal Hukum Mencuri Air PDAM untuk Wudhu Diedit dan Dipotong-Potong

Menurut UAS, lokasi video tersebut bukan di gereja melainkan di Kampus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Video dibuat pada tahun 1998.

"Fitnah datang dari kebencian, lalu menyebar hoax."

"'Video ini adalah saat Uas menghadiri munaqasyah S3 Habib Hamid ibn Ali al-Mahdaly tahun 1998 di kampus al-Azhar Cairo Mesir," tulis UAS dalam captionnya.

Untuk foto UAS berpakaian pastor, foto tersebut awalnya diunggah oleh akun twitter Katolik Garis Lucu (@KatolikG). Cuitan @KatolikG kemudian menimbulkan banyak kecaman dari berbagai pihak, termasuk pegiat media sosial Nicho Silalahi.

Nicho mengunggah tangkapan layar cuitan @KatolikG yang berisi foto UAS bak pastor dan tulisan, “Berkah Dalem Romo.”

Romo sendiri artinya bapak bagi seorang pendeta. Cuitan tersebut diketahui diunggah pada Senin (23/5/2022) dan telah mendapat 44 retweets, 97 tweet kutipan, dan 272 tanda suka.

Pada hari yang sama, Nicho mendesak Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk menertibkan akun yang telah memiliki pengikut sebanyak 150.000 itu.

Hal itu karena menurutnya akun seperti @KatolikG mengarahkan masyarakat ke dalam konflik yang berbasis agama.

“Akun trigger kek gini seharusnya ditertibkan pak @ListyoSigitP karena kelakuannya bisa mengarahkan rakyat Indonesia masuk kedalam konflik berbasis agama,” tulisnya lewat akun @Nicho_Silalahi.

Setelah itu, Nicho kembali membuat cuitan yang memperlihatkan amarahnya soal unggahan foto editan UAS yang dihapus oleh @KatolikG.

Baca Juga: Setelah UAS, Ada Lagi Penceramah yang Haramkan Tiktok, Katanya: Harom! Harom!

Ia mempertanyakan mengapa @KatolikG menghapus cuitan tersebut padahal sudah memprovokasi dan menimbulkan konflik.

“Woi N*ing @KatolikG kok Lo hapus tuitan mu yang memprovokasi untuk menimbulkan Konflik yang berbasis sara ?” tanyanya dikutip Populis.id dari cuitan akun @NichoSilalah1 yang diunggah pada Selasa (24/5/2022).

Nicho kemudian menyinggung soal tidak ada ‘pesta’ yang tidak berakhir sehingga ia mendesak Kapolri untuk memburu @KatolikG.

Terkait

Terpopuler

Konten Jatim Discover

Terkini