Menu


Mengenang Gombloh, Musisi Legendaris Asal Jombang Yang Harum Namanya

Mengenang Gombloh, Musisi Legendaris Asal Jombang Yang Harum Namanya

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Soedjarwoto alias Gombloh merupakan musisi legendaris asal Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, yang terkenal membawakan sejumlah lagu-lagu legendaris di Indonesia. Namanya sempat menjadi salah satu musisi paling diminati di masanya.

Disadur dari beberapa sumber berbeda pada Senin (9/1/2023), Gombloh lahir di Jombang pada 12 Juli 1948. Konon, belum lama sebelum Gombloh lahir, orang tuanya terpaksa mengungsi ke Jombang dari Surabaya karena adanya agresi militer dari Belanda.

Baca Juga: Profil Adian Napitupulu, Politikus Mantan Aktivis Yang Pernah Cekcok dengan Luhut

Lahir dalam masa pengungsian, Gombloh merupakan anak ke-4 dari 6 bersaudara. Julukan “Gombloh” sudah disematkan sejak masa kecilnya, yang secara kasar memiliki makna sebagai “nggomblohi” atau “pura-pura bodoh” karena perangainya yang terkenal kocak.

Orang tuanya, Slamet dan Patukha, mulanya berharap bahwa mereka bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke jenjang pendidikan paling tinggi.Kenyataannya, Gombloh sendiri diketahui tidak memiliki minat tinggi dalam pendidikan. 

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tahajud Dan Kenapa Umat Muslim Perlu Melakukannya

Jiwa seniman dan bakat bermusiknya sudah muncul kala dirinya di bangku SMP. Saat itu, Gombloh sudah mulai bernyanyi membawakan lagu The Beatles bersama dengan grup band miliknya, The Dangerous.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman