Menu


Nasi Krawu Mbuk Su Legendaris di Surabaya, Jangan Tanya Rasanya!

Nasi Krawu Mbuk Su Legendaris di Surabaya, Jangan Tanya Rasanya!

Kredit Foto: Instagram/krawu Mbuksu Darmo Sby

Konten Jatim, Jakarta -

Tahukah Anda tentang nasi krawu? Umumnya, nasi krawu adalah kuliner khas Gresik yang kini mulai banyak ditemui di luar kota asalnya, termasuk Surabaya. Adapun, ada penjual nasi krawu yang telah lama dikenal dan dianggap legendaris, salah satunya Nasi Krawu Mbuk Su.

Nasi Krawu Hj Sufayah atau yang biasa dikenal sebagai Nasi Krawu Mbuk Su sudah ada sejak tahun 1950-an. Mengutip Traveling Yuk, awalnya Sufayah hanya menjual nasi krawunya di rumah, yakni di Jl. Hos Cokroaminoto Gang 1 No. 32, Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: Bingung Kulineran di Surabaya? Ke 5 Tempat Ini Saja!

Kemudian, ia pun turut menjualnya dengan berkeliling kampung. 

Pada 1999, Sufayah meninggal dan bisnis nasi krawunya pun diteruskan ke putra-putrinya. Salah satunya, nasi krawu yang berada di Surabaya juga menyadur resep nasi krawu dari Sufayah. Berkat kerja keras dalam meneruskan usaha, peminat nasi krawu di Surabaya pun tak kalah banyak dari di Gresik.

Adapun, Nasi Krawu Mbuk Su ini memang sangat terkenal karena kualitas rasa dan bahan-bahannya yang terus dijaga oleh penerus Sufayah. Dengan begitu, mereka pun punya pelanggan militan.

Uniknya, ada salah satu lauk di Nasi Krawu Mbuk Su yang tak ditawarkan di tempat lain, yakni kikil yang kenyal dan sangat gurih saat dipadukan dengan nasi.

Dalam satu porsi nasi krawu di Nasi Krawu Mbuk Su, biasanya akan termasuk nasi, suwiran daging ayam, kikil, sambal, babat, sampai serundeng, yang merupakan menu komplit.

Baca Juga: Legendaris! Ini 9 Masakan Khas Jawa Timur yang Selalu Dicari-Cari

Jika ingin mengunjungi Nasi Krawu Mbuk Su, saat ini di Surabaya ada Nasi Krawu Mbuksu Darmo Surabaya di Jl, Darmo Harapan 1 Surabaya. Anda juga bisa melihat pembaruan tempat makan ini melalui akun media sosial krawu Mbuksu Darmo Sby.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu