Menu


Menelisik Alasan Kenapa Kediri Dijuluki 'Kota Tahu'

Menelisik Alasan Kenapa Kediri Dijuluki 'Kota Tahu'

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Kota Kediri merupakan salah satu produsen tahu paling terkenal di Indonesia. Tahu Takwa, sebutan tahu kuning buatan masyarakat Kota Kediri, disebut-sebut memiliki cita rasa lezat dan juga memiliki tekstur yang empuk serta lembut.

Ini menjadi alasan kenapa Kota Kediri dijuluki Kota Tahu. Meskipun demikian, sejarah mengapa Kota Kediri bisa mendapat julukan ini bisa ditarik mundur sampai ke awal abad ke-20.

Baca Juga: Kota Malang, Kota Paris van East Java Yang Sejuk Dan Indah

Mengutip laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri yaitu www.kedirikota.go.id pada Jumat (9/12/2022), pada masa tersebut, Kota Kediri sempat kedatangan sejumlah imigran dan pelancong dari Tiongkok. Salah satu dari sekian banyaknya imigran dan pelancong yang datang ke Kota Kediri adalah Lauw Soen Hok.

Lauw Soen Hok atau dikenal juga dengan nama Bah Kacung, menemukan kalau Indonesia memiliki air yang sama dengan tanah kelahirannya. Dengan fakta ini, Bah Kacung yakin bahwa dirinya bisa membuat makanan khas Tiongkok, tahu, menggunakan bahan-bahan yang dia temukan di Kota Kediri.

Baca Juga: Julukan Paris van East Java untuk Kota Malang Ternyata Bermula dari Hal Ini

Bah Kacung ini dapat dikatakan menjadi pelopor tahu kuning yang dikenal sebagai Tahu Takwa ini. Di Kota Kediri sendiri, terdapat produsen Tahu Takwa bernama "Tahu dan Takwa Bah Kacung" yang memproduksi Tahu Takwa berdasarkan resep Bah Kacung.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman