Menu


Di Mana Soekarno Lahir? Ternyata Bukan di Kota Blitar

Di Mana Soekarno Lahir? Ternyata Bukan di Kota Blitar

Kredit Foto: Twitter.com/@MJixianWang

Konten Jatim, Depok -

Di mana Soekarno lahir? Pertanyaan tersebut mungkin dianggap masyarakat sebagai pertanyaan yang tidak sulit untuk dijawab. Banyak dari mereka yang menganggap kalau kota kelahiran Soekarno tidak lain adalah Kota Proklamator itu sendiri, yakni Kota Blitar.

Namun, sudah sejak lama sejarawan memperdebatkan kampung halaman Presiden pertama Indonesia ini. Melansir Republika pada Selasa (20/12/2022), diketahui bahwa Kota Blitar bukanlah kota kelahiran Soekarno. Tercatat bahwa Sang Proklamator lahir di Kota Surabaya.

Baca Juga: Mengenal Kota Blitar, Kota Kelahiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Menurut sejarawan Bonnie Triyana, Soekarno lahir dengan nama Raden Soekarno pada 9 Juni 1901. Ini berlawanan dengan apa yang diketahui masyarakat luas. Tidak sedikit orang-orang yang mengira bahwa Soekarno lahir pada 9 Juni 1902.

Perbedaan tahun lahir ini diduga karena di masa itu, seringkali orang tua ingin lebih cepat memasukkan anaknya ke sekolah, sehingga mereka "memalsukan" usia sang anak menjadi lebih tua. Dan polemik kelahiran Soekarno tidak berhenti sampai di situ.

Baca Juga: Mengenal Pulau Madura Yang Kaya Akan Budaya Dan Penuh Keindahan

Data lain menunjukkan kalau Soekarno lahir di Kota Surabaya, bukan Kota Blitar. Semua informasi ini ditemukan di dalam buku induk Technische Hogeschool (TH). TH sendiri merupakan cikal bakal dari Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman