Menu


Bendungan Semantok dan Deretan Bendungan di Jawa Timur Lainnya

Bendungan Semantok dan Deretan Bendungan di Jawa Timur Lainnya

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan rampungnya Bendungan Semantok yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Selasa (21/12/2022). Bendungan Semantok adalah bendungan ke-30 yang dibangun Jokowi selama masa kepemimpinannya.

Bendungan Semantok sendiri merupakan bendungan ke-10 yang dibangun di Jawa Timur. Sebelumnya, sudah ada beberapa bendungan yang dibangun untuk tujuan khusus. Beberapa bendungan bahkan sudah dibangun sejak zaman kolonialisasi Belanda.

Baca Juga: Kenapa Bendungan Semantok Dibangun di Nganjuk? Berikut Alasannya

Di bawah berikut merupakan daftar bendungan di Jawa Timur, melansir dari sejumlah sumber berbeda pada Rabu (21/12/2022) beserta kondisi terakhirnya.

Bendungan di Jawa Timur

1. Bendungan Bening

Bendungan Bening adalah bendungan yang terletak di Kota Madiun, membendung Sungai Bening yang mengaliri kota tersebut. Bendungan ini dimanfaatkan sebagai salah satu objek wisata serta menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM). Bendungan Bening dibangun pada 1977 dan rampung pada 1984, disupervisi oleh Jepang.

Baca Juga: Mengenal Bendungan Semantok, Bendungan ke-30 Yang Dibangun dalam Pemerintahan Jokowi

2. Bendungan Gerak Bojonegoro

Sesuai dengan namanya, Bendungan Gerak Bojonegoro berlokasikan di Kabupaten Bojonegoro. Pembangunan bendungan ini amat bermanfaat dalam mengairi sekitar 11 ribu hektare sawah di Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya, serta menjadi atraksi wisata. Pembangunan Bendungan Gerak Bojonegoro juga diawasi oleh Jepang.

3. Bendung Karet Jatimlerek

Diresmikan tahun 1992, Bendungan Karet Jatimlerek berlokasikan di Kabupaten Jombang. Layaknya beberapa bendungan lainnya, bendungan ini digunakan untuk mengairi persawahan di Kabupaten Jombang dan sekitarnya, terkhusus di musim kemarau di mana kondisi air sulit ditemukan.

Baca Juga: Apa Itu Siwak? Sunnah Membersihkan Gigi Anjuran Rasulullah SAW

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman