Menu


Kabupaten Nganjuk, Kota Angin Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

Kabupaten Nganjuk, Kota Angin Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Melansir dari berbagai sumber pada Rabu (21/12/2022), Kabupaten Nganjuk memiliki luas 1.224 km2 dan jumlah penduduk mencapai 1.103.902 jiwa berdasarkan statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur tahun 2020.

Dengan informasi tersebut, kepadatan masyarakat Kabupaten Nganjuk mencapai 90 jiwa per km2. Mayoritas penduduk Kabupaten Nganjuk tinggal di wilayah pedesaan dan hanya segelintir dari mereka yang tinggal di wilayah perkotaan.

Baca Juga: Mengenal Bendungan Semantok, Bendungan ke-30 Yang Dibangun dalam Pemerintahan Jokowi

Terdapat setidaknya 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Di dalam kecamatan tersebut, terbagi lagi menjadi 20 kelurahan dan 264 desa. Penduduk kabupaten ini banyak yang bekerja sebagai petani, menjadikan alasan Kabupaten Nganjuk sebagai salah satu wilayah pertanian terbesar di Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Kabupaten Nganjuk banyak menghasilkan hasil pertanian seperti padi, kedelai, cabai dan jagung. Namun, produksi bawang merah menjadi salah satu produksi utama dan terbesar di kabupaten tersebut.

Baca Juga: Kenapa Bendungan Semantok Dibangun di Nganjuk? Berikut Alasannya

Tercatat bahwa luas ladang bawang merah di Kabupaten Nganjuk berada di sekitar 11 ribu hektare. Produksi bawang merah di Kabupaten Nganjuk juga mencapai 1.936.524 kwintal berdasarkan statistik dari BPS Kabupaten Nganjuk tahun 2021.

Khazanah Islam: Menuntut Ilmu adalah Bagian dari Ibadah, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman